6 Tips Mudah Menabung buat Para Pelajar, Wajib Coba Nih!

menabung untuk pelajar 2

Bagi seorang pelajar, yang mayoritas belum memiliki penghasilan sendiri dan masih bergantung dengan orang tua. Uang yang diberikan oleh orang tua terkadang tidak begitu banyak dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi kamu gak perlu berkecil hati, jangan sampai hal-hal ini malah bikin kamu malas untuk menabung.

Karena bagaimanapun juga kamu harus bisa membiasakan diri buat menabung. Selain memiliki uang simpanan, menabung juga akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih sederhana dan mandiri serta tidak membebankan orang tua untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan.

Di artikel berikut, ada tips menabung yang baik buat para pelajar yang bisa dicoba di rumah. Simak sama-sama di bawah ini yuk!

menabung untuk pelajar

1. Tentukan Tujuan Kamu Menabung

Sebelum menabung, sebaiknya tentukan dulu tujuan kamu untuk menabung. Apakah ingin membeli kebutuhan sekolah, sepatu, atau gadget seperti smartphone OPPO A5 2020 atau ingin digunakan buat liburan bareng teman-temanmu? Kalau kamu punya goals, kamu bakal lebih semangat buat menabung dan terus termotivasi buat mewujudkan tujuan kamu itu. Saat ditengah jalan kamu malas menabung, kamu tinggal ingat-ingat kembali tujuan utama kamu dalam menabung agar dapat menghilangkan rasa malas tersebut.

2. Selalu Sisihkan Uang Jajan

Orang lain biasanya menyisihkan uang untuk ditabung pas akhir bulan. Tapi, hal ini berisiko kamu gagal menabung. Pasti bakal ada banyak godaan buat kamu menghabiskan uang tersebut. Oleh karena itu, selalu sisihkan uang jajan setiap kali dikasih orang tua kamu, dan tabung uang tersebut di dalam celengan atau di tempat penyimpanan mu. Seiring berjalannya waktu menabung bisa menjadi kebiasaan kamu.

3. Tabung Uang Receh

Kamu gak perlu menyisihkan banyak uang untuk ditabung. Sesuaikan saja dengan uang pemberian orang tua kamu itu, meski menyisihkan uang receh sekalipun. Tanpa kamu sadari, tabungan uang receh kamu itu lama kelamaan bakal semakin bertambah banyak hingga ratusan bahkan bisa sampai jutaan rupiah. Yang terpenting kamu harus biasakan untuk menabung dengan rutin.

Baca juga : Review Scarlett Serum, Serum Bagus Harga Terjangkau 

4. Bawa Bekal dan Air Minum Sendiri

Agar uang kamu bisa lebih hemat, bawalah bekal dan air minum sendiri dari rumah saat pergi sekolah atau bepergian. Dengan membawa bekal dan air minum sendiri, uang kamu tentunya bakal lebih utuh dan uangnya bisa disisihkan buat menabung nanti. Sehingga rencana kamu untuk mendapatkan sesuatu dari hasil menabung pun bisa terwujud.

5. Pikirkan Kembali Sebelum Mengeluarkan Budget

Saat ingin membeli sesuatu, ada baiknya pikirkan kembali buat apa uang itu digunakan. Apakan untuk membeli barang yang penting atau cuma memuaskan keinginan kamu saja? Jangan sampai kamu terlalu mengikuti trend yang sebetulnya gak begitu penting untuk hidup kamu. Ketimbang menghabiskan uang buat hal-hal yang gak perlu, sebaiknya tabung uang kamu untuk membeli hal yang lebih berarti.

6. Mencoba Bisnis Sampingan

Kamu bisa mencoba bisnis sampingan untuk mendapatkan uang jajan tambahan dan uangnya bisa disisihkan buat ditabung. Kini, ada banyak bisnis sampingan yang bisa dicoba untuk para pelajar. Misalnya, menjadi penulis lepas, menjual barang dari kerajinan tangan, menjual makanan atau minuman yang sedang hits belakangan ini. Meski gak mudah memulai bisnis sampingan, tapi kalau ada kemauan, usaha dan kerja keras, pasti semua akan berjalan dengan baik.

menabung untuk pelajar 2

Dengan menabung tentunya kita bisa membeli sesuatu yang diinginkan tanpa perlu membebankan orang tua. Kalau kamu ingin membeli HP untuk kebutuhan sekolah, pilihlah smartphone dengan budget seperti harga OPPO A12 yang terjangkau namun berkualitas baik. Sehingga kamu pun bisa mendapatkan HP impian tanpa membutuhkan banyak dana.

Nah gimana sudah siap menabung demi gadget impian ?

One thought on “6 Tips Mudah Menabung buat Para Pelajar, Wajib Coba Nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *