Floor Time Bagi Anak, Seru dan Manfaat Main di Lantai

floor time merupakan kegiatan yang bisa mengasah motorik anak

Yasinyasintha.com – Mungkin awalnya kebetulan dan karena keadaan, saya dan anak-anak memang lebih senang melantai jika bermain, kami memang minim furniture. Alasan utamanya demi ruangan yang lebih leluasa, alasan kedua adalah demi keamanan anak-anak, lalu yang ketiga memang tak ada budget khusus untuk ini hehe. Jadilah anak-anak saya, terutama Yaya lebih sering main di lantai. Dan ternyata malah banyak manfaatnya.

Tentang Floor Time

anak-anak yang terbiasa floor time akan memiliki sensorik dan motorik lebih baik karena terlatih atensinya
Floor time bagi anak

Pada dasarnya anak-anak melihat semua hal sebagai arena bermainnya, termasuk lantai. Terutama bagi anak yang sedang eksplor di usia 1-3 tahun. Melantai sebetulnya jadi kegiatan yang tak bisa dihindari, misalnya saat anak belajar merangkak. Tentu berada di lantai adalah cara terbaik melatih motorik kasar anak, yang terpenting adalah lantai tempat anak bermain berstatus : BERSIH.

Saya percaya setiap anak adalah individu yang unik dan cerdas, dan tugas orang tua terutama Ibu adalah menstimulasi secara terus menerus agar perkembangan otak anak maksimal. Beruntung, saya memang berasal dari keluarga yang sederhana tapi memiliki Mamah yang kreatif, benda sekitar bisa jadi mainan, terbiasa melantai dan membuat mainan sendiri. Yang ternyata hal tersebut, secara tidak sadar sering saya lakukan juga pada anak-anak.

Dan seiring perkembangan anak yang kian besar, anak butuh stimulasi yang lebih pula, terutama di 3 tahun pertamanya kala otak sedang berkembang dengan pesat. Stimulasi ini banyak manfaatnya, bisa secara maksimal merangsang perkembangan sistem motorik dan sensorik anak.

Berkat floor time pula, anak-anak tidak pernah memerlukan mainan yang mahal jika sedang bersama saya atau Papi. Kami bisa menjadikan kertas bekas menjadi bola dan keranjang untuk main lempar tangkap, kami bisa membuat permainan bolling dari botol bekas susu yang kami kumpulkan. Kami bisa menyulap kardus bekas menjadi rumah-rumahan, atau gelas-gelas plastik menjadi menara. Sedari dini, floor time ini ternyata punya peran penting dalam perkembangan anak-anak saya.

Jujur saja, bahkan anak-anak tidak terlalu antusias pada mainan tertentu malahan, haha good boy and good girl !

Baca juga : Menyewa Perlengkapan Bayi, Yay or Nay ?

Saya punya narasumber yang luar biasa, adalah dr. Rika Esnita, SpA dari RSU Hermina Arcamanik yang turut menjelaskan mengenai floor time secara ekslusif pada saya. Menurut beliau, floor time adalah bermain dan berinteraksi dengan anak di lantai selama 20-30 menit. Ini bisa jadi program stimulasi bermain untuk anak yang bertujuan untuk mendukung perkembangan kognisi (kecerdasan) dan emosi agar berfungsi secara optimal. Orangtua mengikuti arahan minat anak dan setelah itu orangtua dapat mengikuti arahan atau ide anak, untuk kemudian memberikan tantangan yang sesuai untuknya.

Tujuan floor time sendiri adalah mengembangkan semua potensi anak;
1. Sensorik yang melibatkan tujuh sistem indra
2. Keterampilan motorik baik kasar maupun halus
3. Komunikasi non-verbal, verbal, ekspresif, reseptif
4. Emosi dan sosial: diterima, disayang, dihargai, percaya diri, empati, kerja keras
5. Kreativitas – yaitu menyusun, menggambar dengan elemen imajinasi dan cerita
6. Kognisi: memecahkan masalah dan berpikir logis
7. Mengembangkan kedekatan emosi anatara orang tua dan bayi atau anak
8. Mengembangkan karakter mental sehat

Bukan tanpa alasan ya melakukan floor time sama anak, karena dari dokter Rika ini saya semakin tau juga manfaat tersendiri dari floor time yang sering saya lakukan. Penasaran dengan manfaat dari floor time? Simak ini deh :

Manfaat Floor Time

tujuan floor time dilakukan tiada lain adalah untuk mengasah sensori anak sambil bermain
Tujuan floor time dan apa saja sih yang harus disiapkan

1. Memberikan rasa nyaman pada anak karena mata orangtua dipaksa sejajar dengan mata anak sehingga perkembangan mata anak tidak akan terganggu
2. Melatih atensi/perhatian anak terhadap sesuatu. Untuk melatih pendengaran bisa dengan meremas kertas di belakang kepalanya. Untuk melatih penglihatan bisa dengan memperlihatkan mainan yang berwarna terang lalu dipindahkan, jika respon nya baik maka anak akan berusaha mengikuti benda tersebut dengan matanya
3. Terjalin komunikasi verbal dan nonverbal 2 arah antara ibu/ayah dgn anak. Komunikasi dengan mimik wajah atau bahasa sederhana.
4. Mengasah kemampuan memori, kognitif, bicara, emosi anak sehingga membuatnya lebih percaya diri, cerdas, kreatif dan berprilaku baik
5. Bisa merangsang kreativitas anak misalnya dengan bermain peran yang juga bermanfaat untuk melatih anak berbagi ekspresi (emosi)
6. Mempererat hubungan batin dengan anak

Nah kan, kegiatan sederhana macam floor time nyatanya punya manfaat yang cukup banyak ya buat anak-anak kita. Tak disangka bukan, sederhana tapi banyak manfaatnya. Jika begitu, lantas hal apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum dan saat floor time.

Well, saya rangkumkan ya:
– Hindari benda-benda tajam, atau yang bisa berbahaya atau mainan yang terlalu kecil
– Main dengan sedikit mainan agar anak tak cepat bosan
– Perhatikan, awasi dan temani saat anak sedang floor time
– Perhatikan kebersihan lingkungan anak bermain.

Baca juga : Sharing Housework with Husband 

Menjaga Kebersihan Lantai dengan Mama’s Choice Floor Cleaner

memilih pembersih lantai ketika memiliki bayi
Tentang Mama’s Choice, pembersih lantai yang aman untuk bayi

Yang menjadi kekhawatiran Ibu ketika anak floor time adalah memastikan lantai benar-benar aman menjadi arena bermain anak, maka membersihkannya merupakan hal yang wajib dilakukan. Pastikan memilih pembersih lantai aman untuk bayi, pilih Mama’s Choice Floor Cleaner.

Kelebihan produk pembersih lantai Mama’s Choice

  • Efektif membunuh kuman dan bakteri di lantai
  • Ekstrak Rosemary sebagai antibakteri alami, ekstrak Chamomile sebagai pencegah iritasi dan pelembab kulit bayi
  • Formula Food Grade, kontak langsung yang aman dengan mainan bayi atau makanan
  • Bebas Toksin, produk Mama’s Choice ini 100% bebas dari bahan kimia yang membahayakan, seperti SLS, Ammonia, Alkohol, Phthalates, Paraben, Triclosan, dan Klorin.

Kemasan

memilih pembersih lantai yang aman untuk bayi dan keluarga
Mama’s Choice Baby Floor Cleaner

Dikemas dengan botol mirip dengan kompan mini, lengkap dengan handlenya. Dari kemasannya aja, saya udah suka rasanya. Warnanya yang putih dan hijau merepresentasikan banget keamanan dan kebersihan, oya saat ini hanya ada 1 ukuran yaitu 450ml. Tutup botolnya dibuat sekaligus sebagai takaran untuk 1 kali pemakaian.

Cara Pakai

Mudah saja, cukup tuangkan 1 tutup botol Mama’s Choice Baby Floor Cleaner ke dalam 2-3 liter air dan gunakan untuk mengepel

Tekstur dan Aroma

menggunakan pembersih lantai harus sesuai takaran, gunakan tutup botol pada kemasan mama's choice
Mama’s Choice Baby Floor Cleaner

Teksturnya seperti sabun cair dan berwarna hijau transparan, aromanya enak banget. Antara fruity tapi juga flowery tapi ga menyengat dan enak banget dihirup. Ini pasti berkat perpaduan antara Rosemary extract dan Chamomile-nya deh yang bikin aromanya enak banget, segar tapi juga calming.

Menggunakan Mama’s Choice Baby Floor Cleaner ini merupakan pengalaman baru bagi saya, hati tenang karena floor time kami sekeluarga jadi tambah seru dan menyenangkan.

Harga : Rp. 69.000
Repurcharge : Yes, of course !

floor time merupakan kegiatan yang bisa mengasah motorik anak
#KurangiWorry saat floor time

Dengan memilih produk pembersih lantai Mama’s Choice ini, kita sebagai Mama udah bisa #KurangiWorry, Mama dan anak aman dan bebas floor time. Dapatkan potongan harga khusus senilai 25 ribu dengan belanja minimal 90 ribu di website resmi Mama’s Choice  dengan memakai kode MAMASINTA saat check out.

Siapa yang gemar floor time juga? Sedia Mama’s Choice Baby Floor Cleaner juga yu !

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

6 thoughts on “Floor Time Bagi Anak, Seru dan Manfaat Main di Lantai

  1. Kita tozz dulu Teh!
    Sayapun menggunakan lantai untuk bermain dengan anak-anak saya dulu. Apalagi pada era tahun 90-an, mainan belum banyak, uang kurang, dan gawaipun belum datang menyerang konsentrasi otak anak seperti saat ini. Maka bermain di lantai adalah solusinya.
    Dan, saya suka iri sama mamah-mamah sekarang, mereka bisa menggunakan bahan pembersih lantai yg sehat dan bagus seperti
    Mama’s choice baby floor ini.

  2. Waaah anak anakku paling suka melantai nih teh. Kayaknya saya musti coba juga mama’s choice floor cleaner ini deh biar no worry worry lagi. Comot kode kuponnya yaaa

  3. Ternyata floor time bagus ya untuk perkembangan anak. Anak saya biasanya juga suka bermain di lantai, dia bikin rumah2an dan bermain peran di sana, dan salah satu syarat anak aman bermain di lantai adalah lantai yang bersih dan bebas kuman. Dengan adanya pembersih lantai mama’s choice gak perlu khawatir lagi ya mbak, lantai akan terjaga kebersihannya dan nyaman.

  4. Ga perlu pergi keluar rumah atau memakai banyak benda, cukup di lantai ya mbak. Ternyata banyak hal dan kegiatan bermanfaat bagi anak hanya dilantai rumah saja.

  5. Jaman anak-anak kecil kulebih pilih floor time juga…Lebih menyenangkan dan aman. Enggak banyak barang jadi anak bebas bermain dengan area yang lapang di lantai. Rasanya juga tenang , apalagi kalau lantai bersih bebas kuman dan bakteri karena pakai Mama’s Choice Baby Floor Cleaner ini…Wah mainnya jadi makin hepiiii karena lebih tenang hati

  6. Saya dan anak2 juga bermainnya melantai mbak. Memang menyenangkan. Tapi kalau ditemani mama choice buat menjaga kesehatan dan kebersihan pasti makin top ya. Mau cobain ah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *