Pijat Bayi, Senjata Saya Menjaga Anak Tetap Sehat

pemijatan untuk bayi punya banyak manfaat, diantaranya membuat pencernaan bayi bebas kembung dan tidurnya semakin lelap

Yasinyasintha.com – Belajar dari pengalaman saat io kecil yang dikit-dikit ke dokter dan terpapar antibiotik sejak bayi, ketika saya memiliki Yaya dalam hati terpatri niat dan tekad untuk meminimalisir ke dokter. Dalam arti luas, saya akan menjaga sedemikian rupa agar Yaya, io, Papi dan saya tetap sehat dan juga menjadi Ibu yang lebih tenang. Beruntungnya, saya klik sekali dengan metode pijat bayi yang dilakukan oleh bidan langganan.

Bertemu Kembali dengan Bidan Langganan

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi jalan kenapa pada akhirnya lebih memilih pijat bayi. Mungkin karena ketika masa hamil saya lebih banyak memeriksakan diri ke bidan, lahiran di bidan pula dan setelah dirasa-rasa, ternyata melahirkan dengan bidan tidak jauh beda dengan melahirkan ditangani dokter.

Maka setelah mantap di hati, kemudian saya memilih melanjutkan pemeriksaan bayi oleh bidan. Beruntungnya, saya bertemu dengan bidan langganan yang dulu home service untuk memandikan io dan pijat payudara saya. Alhamdulilah kontaknya masih saya simpan dan kami bisa bertemu lagi dan dengan layanan yang lebih lengkap bahkan hingga baby spa.

Tak disangkal saya belajar banyak dari bidan-bidan andal ini, salah satunya adalah membiasakan untuk memijat bayi untuk melancarkan peredaran darahnya, untuk membantu lancar percernaannya, untuk membantu tidur nyenyaknya. Yang ternyata manfaatnya ini banyak banget, begini jika saya rangkumkan.

Manfaat Pijat untuk Bayi

pemijatan untuk bayi punya banyak manfaat, diantaranya membuat pencernaan bayi bebas kembung dan tidurnya semakin lelap
Pijat bayi, pas bidan langganan ke rumah
  • Membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman. Pijatan pada bayi dapat merangsang sistem saraf pusat
  • Melancarkan pencernaan
  • Membuat tidur lebih nyenyak
  • Mengurangi kadar bilirubin
  • Mendukung kekuatan otot dan tulang
  • Dapat membantu menambah berat badan karena lebih lahap makan
  • Memperkuat hubungan antara orang tua dan bayi

Hal tersebut saya ketahui dari berbagai sumber termasuk dari bidan langganan saya, Bidan Sahabatku namanya. Bahkan saya inget banget nih pas Yaya kuning, tim Bidan Sahabatku ini support dan membantu banget, memberikan saran dipijat agar frekuensi menyusu Yaya meningkat sehingga kadar bilirubinnya bisa berkurang, saya ikuti dan alhamdulilah banget ga sampe disinar.

Baca juga : Anak Terkena Flu Singapur, Sembuh Tanpa ke Dokter

Pijat bayi ini bahkan direkomendasikan untuk bayi prematur juga loh dengan manfaat dapat membuat bayi lebih relax, lebih banyak menyusu, dan bayi tidur lebih nyenyak. Saya kemudian ketagihan membawa Yaya untuk pijat bayi, tujuannya bermacam-macam mulai ketika ia demam, tumbuh gigi, kurang nafsu makan, hingga batuk pilek dan alhamdulilah cocok banget Yaya ini dengan pijat bayi.

Baca juga : Ini perkembangan Otak Anak dari 0 – 10 Tahun

Dan senangnya, untuk pijatan – pijatan bayi ini, saya belajar khusus sendiri di rumah agar bisa melakukannya kapan saja. Biasanya setelah mandi atau sebelum tidur. Buibu gitu juga ga ? Pada pijat bayi sendiri ?

Persiapan Pijat Bayi di Rumah

metode pijat bayi bisa jadi pilihan karena meminimalisir penggunaan obat- obat kimia
Bertemu lagi dengan bidan langganan, Bidan Sahabatku

Paling enak kalau bayi dipijat oleh bidan, tapi kondisi pandemi mengharuskan kita meminimalisir kontak langsung, kecuali untuk alasan yang urgent. Untungnya kalau soal pijat anak kita bisa melakukannya sendiri di rumah, sampai sekarang Yaya usia 2,5 tahun pun saya masih sering memijatnya. Ini dia hal yang saya biasanya persiapkan :

  • Anak dalam kondisi tenang, tidak ngantuk, tidak rewel, tidak lapar
  • Suasana yang mendukung, biasanya setelah mandi di tempat tidur atau di ruang keluarga
  • Dilakukan sambil berinteraksi, bisa bercanda atau menyanyi bersama
  • Gunakan minyak pijat yang tepat, hindari menggunakan minyak kayu putih ya dan pastikan yang aman untuk kulit bayi dan anak kita, saya menggunakan Mama’s Choice Calming Tummy Oil 

Mama’s Choice Calming Tummy Oil Sebagai Minyak Pijat

memilih minyak pijat untuk bayi yang aman untuk kulit bayi sensitif
Mama’s Choice Calming Tummy Oil sebagai minyak pijat

Mama’s Choice Calming Tummy Oil itu bukan sembarang minyak telon biasa, dari aroma, tekstur hingga tingkat kehangatan begitu pas apalagi jika digunakan untuk memijat bayi. Karena jika terlalu panas, tentu akan menimbulkan sensasi kurang nyaman saat digunakan maupun setelah pemijatan.

Kandungan dari Calming Tummy Oilnya pun berbeda dari yang lain karena juga dapat membantu anak tidur nyenyak, jadi pijatan sederhana saja udah cukup membantu anak tidur lebih pulas.

Dan inilah kandungan dari Mama’s Choice Calming Tummy Oil

  • Nutmeg Oil, membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung
  • Lavender Oil, membantu menenangkan dan mengatasi gejala sakit perut
  • Chamomile Oil, membantu relaksasi agar tidur lebih nyenyak
kandungan mamas choice calming tummy oil untuk memijat bayi
Calming Tummy Oil Mama’s Choice ini aman untuk kulit bayi sensitif sekalipun

Selain manfaatnya yang nyata terasa, perlu diketahui kalau Mama’s Choice Calming Tummy Oil ini aman banget buat kulit bayi, dan termasuk minyak telon untuk kulit bayi sensitif. Aromanya lembut jadi nyaman dihirup. Tekstur oilnya pun sangat nyaman di kulit, lembut dan tidak meninggalkan rasa lengket.

Memijat bayi atau anak-anak adalah satu hal yang sudah kita tahu manfaatnya, jika dipadukan dengan oil pijat yang kaya manfaat juga otomatis bisa membuat pemijatan untuk bayi makin maksimal. Ibu senang memijat sambil bonding, anak juga pasti auto happy cause have happy tummy and sleep well.

Soal harga, dibandrol dengan harga Rp. 79.000 untuk 55ml. Worth it menurut saya karena bisa #KurangiWorry untuk masalah kesehatan perut anak. Dan bagi Buibu yang mau coba produknya juga, bisa langsung beli Mama’s Choice Calming Tummy Oil nya langsung di website Mama’s Choice, jangan lupa pakai kode MAMASINTA biar dapat diskon 25 ribu dengan belanja minimal 90 ribu saja.

Sudah siap pijat anak hari ini Buibu? Yuk ahh, boost imun anak dengan pijat.

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *