5 Bahan Kimia Pemutih Wajah Berbahaya yang Wajib Kamu Hindari

Yasinyasintha.com – Tampil cantik dengan wajah yang cerah dan putih merupakan keinginan besar dari mayoritas wanita Indonesia. Berbagai cara pun dilakukan dengan tujuan untuk memiliki wajah putih dan cerah. Hanya saja, apapun cara yang kamu pilih, pastikan tidak akan berdampak buruk pada kulit wajah.

Salah satu metode salah yang kerap dilakukan oleh wanita Indonesia dalam upaya mendapatkan kulit wajah putih dan cerah adalah memakai produk skincare sembarangan. Padahal, tidak sedikit produk krim kecantikan di pasaran yang dibuat dengan bahan campuran yang berbahaya bagi kulit.

Pemakaian bahan kimia campuran tersebut memang memberi memutihkan kulit wajah secara efektif dalam waktu singkat. Namun, pemakaiannya menimbulkan efek samping yang membahayakan kulit dalam jangka panjang. Biar terhindar dari efek samping tersebut, kamu perlu tahu apa saja bahan kimia berbahaya yang sering muncul dalam produk pemutih wajah, di antaranya:

Merkuri

merkuri, kosmetik yang harus dihindari
Sumber: jaskulmulti-ent.com

Merkuri menjadi bahan kimia berbahaya yang wajib kamu hindari dalam pemilihan produk perawatan kulit. Tak menutup kemungkinan, kamu bisa mendapati krim pemutih dengan kandungan merkuri yang memang terbukti efektif memutihkan kulit. Hanya saja, kamu bakal berhadapan dengan efek samping yang sangat berbahaya.

Merkuri memiliki sifat karsinogenik dan bisa menimbulkan iritasi pada permukaan kulit. Krim pemutih dengan bahan merkuri, bisa menjadi pemicu kanker, memicu gangguan otak dan saraf, serta bisa mengganggu fungsi ginjal. Tidak hanya itu, merkuri juga sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena bisa berpengaruh buruk pada janin.

Hydroquinone

Sumber: review.bukalapak.com

Saat berbelanja krim pemutih wajah secara online, kamu juga perlu memastikan bahwa produk yang dipilih bebas dari hydroquinone. Bahan kimia ini memang bisa menghasilkan kulit yang putih dan berfungsi sebagai antioksidan. Pemakaian bahan ini bisa menghambat pembentukan melanin pada tubuh yang kemudian berguna untuk menghilangkan warna gelap kulit.

Baca juga : 8 Skincare Wardah untuk Kulit Berminyak 

Sekilas, efek tersebut sangat bagus. Namun, pemakaian krim pemutih dengan hydroquinone bisa membuat ketergantungan kulit. Ketika kamu tak menggunakan produk tersebut, bakal muncul bercak putih pada permukaan kulit. Selain itu, kamu bakal merasakan kulit jadi lebih mudah terbakar ketika terkena sinar matahari. Dalam kasus yang lebih parah, hydroquinone juga menjadi pemicu penyakit vitiligo atau hilangnya pigmen kulit.

Asam Retinoat atau tretinoin

retinoin
Sumber: drviggiano.com

Selanjutnya, kamu juga perlu mewaspadai pemakaian produk kosmetik yang memiliki kandungan asam retinoat atau tretinoin. Biasanya, bahan kimia ini tidak hanya ada pada krim pemutih, tetapi juga produk kosmetik untuk perawatan jerawat pada wajah.
Produk yang memiliki kandungan asam retinoat bisa menghambat pembentukan melanin kulit. Selain itu, asam retinoat juga bisa membuat jerawat jadi lebih parah. Tak jarang, bahan ini bakal membuat wajahmu memiliki bercak merah yang sulit hilang.

Arsenik

arsenik
Sumber: indozone.id

Saat belanja hemat produk pemutih wajah melalui ShopBack, kamu juga perlu menghindari krim yang mempunyai kandungan arsenik. Bahan yang satu ini sama berbahayanya dengan merkuri. Oleh karena itu, pemerintah telah melarang pemakaian arsenik pada produk kosmetik.

Arsenik merupakan zat yang sangat beracun bagi tubuh. Tidak tanggung-tanggung, penggunaan produk kosmetik dengan kandungan arsenik, bisa berakibat kematian. Oleh karena itu, kamu perlu sangat waspada terhadap bahan yang satu ini. Jangan sekadar membeli produk skincare yang murah, tetapi pada kenyataannya memiliki kandungan zat berbahaya.

Baca juga : Meningkatkan Performa Wajah Pria, Begini Caranya

Senyawa peroxide dan turunannya

hydroperixyde
Sumber: sridianti.com

Terakhir, kamu juga perlu menghindari pemakaian produk kecantikan yang mengandung senyawa peroxide atau turunannya, seperti hydrogen peroxide, benzoyl peroxide, dan lain-lain. Senyawa ini memang kerap dimanfaatkan sebagai campuran dalam produk krim pemutih wajah.
Hal penting yang perlu kamu ketahui terhadap senyawa peroxide dan turunannya, zat ini memiliki sifat karsinogen. Pemakaian produk pemutih wajah dengan kandungan peroxide serta turunannya, berakibat memicu kemunculan penyakit kanker berbahaya pada tubuh.

Itulah 5 bahan kimia berbahaya yang wajib kamu hindari ketika membeli produk krim pemutih wajah. Ingat, keinginan untuk memiliki wajah putih dan cerah jangan sampai dibarengi dengan efek samping yang merugikan kesehatan. Apalagi, masih banyak cara memutihkan kulit wajah dan terbukti efektif sebagai.

Baca juga : Cobain Full Product Makeup Pixy Make It Glow Series 

Harga produk pemutih yang aman memang lebih mahal. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan belanja online lewat ShopBack. Setiap aktivitas belanja, kamu bakal memperoleh cashback. Semakin banyak belanja, cashback yang didapatkan pun semakin besar.

One thought on “5 Bahan Kimia Pemutih Wajah Berbahaya yang Wajib Kamu Hindari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *