Jualan Untung di Blibli, Foto Produk Gratis oleh yang Ahli

foto produk gratis

Yasinyasintha.com” Teh susah ya ternyata foto produk teh ” kata salah seorang teman saya di komunitas ibu-ibu pebisnis di Bandung. Ide jualan baju yang menjadi buah pemikirannya sejak dulu malah membuat ia lesu beberapa hari tatkala mempersiapkan barang dagangan untuk dijual, rencananya ia ingin menjual produknya di marketplace dan media sosial. Kebutuhan foto menjadi hal kedua yang penting setelah produk, jadi kata siapa foto produk itu mudah ?

Foto Produk Itu Mudah ?

fotografer produk
motret produk itu mudah ?

Menyiapkan produk menatanya lalu menekan shutter, sesungguhnya foto produk tidak sesederhana itu. Untuk hasil foto produk yang bagus tentu ada effort yang tak sedikit pula selaras dengan ungkapan “usaha takkan mengkhianati hasil” yang berlaku pula dalam pengambilan foto produk, bagaimana cara benda mati terlihat “hidup” memikat pembeli lewat gambar yang ditampilkan, kualitas barang yang dijual tentulah harus selaras dengan gambar yang ditampakkan.

2 tahun lebih menjadi seorang fotografer produk, bertemu dengan banyak sekali teman-teman pengusaha, duduk bersama menyatukan konsep. Ada yang memiliki gaya sendiri, ada pula yang menyerahkan segalanya pada saya dan tim. Singkatnya saya bisa tangkap : Mereka hanya ingin fokus berjualan saja, masalah foto produk yang ternyata tidak sesederhana yang dipikirkan inginnya diserahkan pada ahlinya saja.

foto produk, foto stylist, product stylist
mulai dari rapiin produk
foto produk umkm, foto produk ecommerce
hingga menyetrika hahha ( maafkan aku partner )
foto produk umkm, foto produk ecommerce
Mau gimanapun tetep ada effortnya loh

Yap, jasa foto produk kini mudah ditemui baik offline ataupun online. Hanya saja pasti ada nilai yang harus dibayar oleh pemilik barang, maklum foto produk ini bagi saya sebagai fotografer justru lebih effort dari memotret orang/portrait. Sebut saja produk fashion, sebelum difoto saya dan tim harus memastikan model baju terlihat secara keseluruhan dengan tidak mengurangi detailnya, memastikan baju rapi ( it means asisten foto saya nyetrika dulu haha ), memutuskan akan difoto dengan gaya seperti apa : model, patung, digantung atau dijembrengin. Dari segi teknis jangan lupa peralatan lengkap mendukung foto produk berjalan lancar dengan hasil memuaskan, hal teknis lainnya seperti kurasi dan editing jika warna foto tidak sesuai dengan warna asli perlu juga tuh diitung sebagai effort lainnya.

Foto produk itu mudah jika kita memiliki dua hal : Skill memotret dan peralatan yang mumpuni, tapi pemilik usaha yang visioner tentu tak mau menghabiskan waktu untuk itu dan memilih mendistribusikan pekerjaan sehingga ia akan fokus pada barang dagangan, me-maintenance toko dan promosi. Nah tapi kan ga semua pemilik usaha memiliki alokasi dana untuk men-hire fotografer produk, di sinilah biasanya drama dimulai. Memotret seadanya dan berusaha berpuas diri dengan hasilnya, ditanya puas dan suka mereka menjawab sebenarnya tidak puas tapi tidak punya pilihan.

 

foto produk fashion
Coba foto produk pake hape, berpuas dengan hasilnya atau menyerahkan pada ahlinya ?
workshop fotografi produk , foto produk, foto produk hp, workshop fotografi hp
Suatu hari di sebuah workshop bersama teman-teman UMKM

Dorongan dari salah seorang teman untuk berbagi ilmu membawa saya pada workshop-workshop yang saya dan tim gelar, materinya tentu tak jauh dari foto produk. Setelah mengikuti workshop, sebagian besar malah semakin yakin bahwa mereka tak bisa mengandalkan gawai sendiri dengan skill fotografi yang minim untuk memperoleh foto produk yang bagus, jadilah saat itu demi mengisi waktu dan membantu teman-teman saya dan tim sepakat memberikan foto produk gratis kepada peserta workshop. Saya senang sekali bisa membantu teman-teman mengembangkan usahanya, terbukti mereka yang memiliki koleksi foto produk yang bagus lebih percaya diri mempromosikan produknya.

Foto Produk dan Berjualan Online

Entah online atau offline, kebutuhan foto produk sama pentingnya. Tapi bagi mereka yang produknya dipasarkan dengan jual online, tentu kebutuhan foto produk menjadi sangat penting. Sependek pengetahuan saya, barang yang dipasarkan secara online itu luas sekali dan ragam sekali caranya, entah itu lewat sosial media, grup chat, forum maupun ecommerce.

Tapi tau kalau ternyata sebagian besar orang lebih memilih belanja lewat ecommerce dengan alasan keamanan transaksi dan jaminan barang. Penjual pun cukup mengupload foto produknya ke marketplace lalu voila siap jualan. Eeeee, ga segampang itu loh haha, foto produk di marketplace itu memiliki syarat tersendiri misalnya background putih/polos, produk berada di tengah, fotonya jernih dan jelas serta memiliki kualitas yang baik.

” Ya ampun neng, ibu mau jualan aja susah. Kudu gini kudu gitu, matak lieur urusan foto “ ( Ya ampun neng, ibu mau jualan aja susah. Harus gini harus gitu, jadi pusing urusan foto ) kata seorang teman saya. Beliau tadinya jualan di media sosial namun melihat fenomena marketplace yang diminati, akhirnya ingin melebarkan sayap terjun di dunia marketplace.

Jualan Untung di Blibli, Foto Produk Gratis oleh yang Ahli

Kebayang ga sih bisa sebagai penjual ya fokus menjual saja tanpa dibebani kebutuhan foto produk? Saya sih ngebayangin ini kaya mata air di padang sahara bagi pemilik usaha kecil yang berusaha mengembangkan bisnisnya. Fokus berjualan dan mempertahankan kualitas produk dan maintenance toko serta customer.

” Iya mau gabung ke Blibli aja deh saya teh, enak pisan bisa dapat foto produk gratis “ kata teman saya yang berjualan baju tunik suatu hari, bahkan teman saya yang berjualn di Blibli, teh Sisca cerita betapa terbantu dengan fasilitas yang Blibli.com berikan. Tak hanya foto gratis, proses upload foto pun bisa dibantu oleh tim Blibli.com.

Saya berkesempatan untuk bertanya langsung memastikan foto produk gratis ke salah satu perwakilan official Blibli dan ini jawabannya :

” Blibli menyediakan photoshoot gratis saat ini di Jakarta untuk semua merchant yang produk nya di pakai, seperti pakaian ( baju ,jaket, sweater ), hijab, bawahan ( celana, rok ). Ini semua akan kita foto mnggunakan model profesional dan gak berbayar alias gratis. Merchant hanya akan di bebani ongkos kirimnya berangkat dan kembali nya. Insyaallah akhir tahun ini kita bikin di Bandung untuk photoshoot menggunakan model, Tapi untuk produk- produk kecil seperti snack, produk kecantikan dan semua produk yang tidak membutuhkan model, kita bantu foto di kantor Bandung dengan menggunakan mini studio ” – Kang Willy dari blibli.com

Saya meneruskan pesan tersebut kepada beberapa teman yang sedang berusaha mengembangkan bisnisnya ke marketplace, saat ini saya hanya memotret produk untuk membantu teman-teman saja dan mendapati pesan tersebut saya sama gembiranya.

Dan syaratnya pun ternyata sangat mudah, kita hanya perlu terdaftar sebagai merchant di blibli.com.

Foto produk gratis yang diberikan oleh blibli sudah pasti merupakan cara blibli merangkul dan memudahkan para penjual atau seller untuk berjualan di blibli.com tanpa harus pusing memikirkan foto produk yang harus diupload, bahkan ya informasi tambahan yang saya dapat, bahwa blibli memberikan pelatihan upload produk dan jika mengalami kendala maka akan dibantu hingga produk tayang. Gada deh drama rungsing karena bingung cara ngupload dan gada yang bantuin.

Dan ga cuma itu, ada banyak alasan kenapa kamu harus berjualan di Blibli.com nih :

blibli seller, blibli review

Jualan di blibli pasti untung ya kalau gini, untung yang ga tanggung – tanggung. Nah teman-teman gimana nih fasilitas yang diberikan oleh Blibli pada sellernya oke banget ya kan? Saya aja setelah tau banyak fasilitas dan kemudahan serta kelebihan blibli sebagai marketplace jadi pengen coba jualan juga nih.

Jangan lupa ya sebarkan informasi ini agar semakin banyak penjual yang bergabung menjadi merchant blibli dan menikmati jualan untung ga tanggung-tanggung.

Artikel ini diikutsertakan dalam Blibli Seller Blog Competition periode Agustus 2019 dengan tema : Gratis Foto Produk dan Upload Foto Produk di Blibli.com

15 thoughts on “Jualan Untung di Blibli, Foto Produk Gratis oleh yang Ahli

  1. Ini beneran gratis banget ya mbak ? Kita boleh ikutan ga ya pas sessi foto ? Soalnya kalau bisa ikutan lumayan gitu bisa foto-foto buat sosmed kalau produk kita tuh difotoin

    1. Betul gratis kok mbak. Dari info yang saya baca sih bisa ikutan pas sessi foto tapi harus konfirm dan koordinasi dulu kayanya untuk jam dll nya. Coba aja nanti kontak orang blibli nya dulu mbak

  2. Wah asik banget nih bisa dapet foto produk gratis begini. Secara ya moto sendiri pake hape hasilnya gitu – gitu aja belum kalau buat marketplace suka harus background polos pake model. Bayar modelnya aja udah berapa hehe, eh salam kenal ya mbak. Kapan – kapan boleh dong diajarin juga foto produk buat update sosmed aja

    1. Iya seneng ya kalau dapat foto produk gratis gini jadi memudahkan juga ya untuk para seller berjualan. Salam kenal juga ya mbak, hayu boleh berbagi ilmu saya juga masih belajar kok ehhehe

  3. Aku baru tau ini, makasi udah membagikan info ini. Lagi pengen jualan produk sendal sama temen, bisa kan ya berarti nanti daftar jadi seller dan daftar foto produk gratisnya.

  4. salam kenal mbak Yashinta,, wah makin keren aja nih blibli ya mak? Bye hasil foto mbak bagus2 nih, sukses tetus ya mbak😅😅😊

  5. Iyah kalau jualan online itu kan foto produk no.1 yang dilihat ya, nggak bisa deskripsi doang. Dan gegara foto yg bagus bisa banget bikin orang kepincut beli. Ini mantul banget sih blibli ngadain workshop foto produk.

  6. Ehhh ini teh beneran mba? Dipotoin ama Blibli? Waw enyaak deh kalo gitu. Gak repots mikirin cekrak cekrek yes. Mana hasilnya pasti lebih mantabs ketimbang usaha kita yang udah jungkir balik motoin d rumah hahaha. Sipdah, langsung cuss sebarin ke temen-temen seller nih. Thnks ya mbaaa *ketjupbasyaah*

  7. Pokoknya aku setuju banget kalau bikin foto produk itu effort-nya, euh, mantap! Selain komposisi, properti, lighting, editing, njengkang-njengking wis pokoknya ribet. Tapi ya memang kalau diupayakan gitu sepadan dengan hasilnya. Trus ngerasa happy aja. Kebayang simple kalau di BliBli karena semua sudah dibantuin. Memangkas bagian teribet dari proses jualan online loh, bantuan photoshoot itu.

  8. Adanya baru di Bandung, ya teh.
    Wahh terobosan baru dari blibli.com ya.
    Manteep banget.👍❤
    Saya suka yang begini nih, bersinergi untuk maju bersama, baik dari sisi penjualnya maupun dari lihak marketplace-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *