Menemukan 3 Hobi yang Saya Cintai

Yasinyasintha.com – Saya sering membaca dan mendengar quote ” Find three hobbies you love: one to make you money, one to keep you in shape, and one to be creative “ dan setiap tahun, quote yang satu ini selalu saya tulis di bagian awal jurnal tahunan. Segitu sukanya emang sama quote ini, bahwa hidup haruslah seimbang antara uang, menajamkan skill, juga untuk mengasah kreatif dan menjadi happy.

3 Hobi yang Saya Cintai, dan Semuanya Make Money

Alangkah bahagia dan beruntungnya orang yang bisa menemukan hobi yang bisa menghasilkan uang. Ia akan bersenang-senang sembari melakukannya, walau tentu di perjalananya, hal tersebut tidaklah mudah. Ya risiko, namanya hobi dijadikan pekerjaan, tentu ada pressure di sana, karena ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Target dari pekerjaannya.

Sisi baiknya adalah jika pun hobi yang jadi pekerjaan menemukan jalan yang berkerikil, diri ini akan lebih mau menempuhnya, lha wong itu bagian dari apa yang disukai khok.

Hobi yang dicintai bisa jadi uang, bisa jadi sarana mengasah kemampuan dan upgrade diri, bisa pula jadi alat untuk menjaga diri tetap kreatif. Dan karena ini hobi, serumit apapun kita akan selalu bisa bersenang-senang.

dijadikan profesi bukan? Pada dasarnya hobi adalah sesuatu yang tetap kita lakukan untuk kebahagiaan, terlepas itu dibayar atau tidak.

Blogging

yasinta astuti seorang blogger
Blogging, menyenangkan dan menghasilkan

Terima kasih pada Papi, orang yang selalu membuat mimpi-mimpi saya menjadi kian dekat, karena bersamanya lah yasinyasintha.com lahir. Diberikan sebagai kado ulang tahun, dibuatkan sedemikian rupa bagusnya. Saya yang suka menulis diari, punya rumah sendiri, saya tak lagi menulis untuk diri saya sendiri melainkan untuk menjadi manfaat juga bagi sesiapa yang menemukannya.

Siapa sangka, menulis keseharian yang membuat saya bahagia ini ternyata mengantarkan saya menjadi blogger Bandung yang bisa dijadikan karir. Saya mulai mengikuti beberapa lomba blog dan alhamdulilah memenangkan beberapa. Blog saya mulai mendapat tawaran kerjasama, undangan visit acara dan banyak kesempatan terbuka. Yang diiringi juga dengan tanggung jawab untuk upgrade diri agar mengerti bagaimana membangun blog yang sukses.

Setelah beberapa tahun berkecimplung di dunia blogger, saya tau inilah hal yang saya inginkan dan akan saya pertahankan selalu, menulis membuat saya bahagia. Membuat saya berarti, setiap ceritanya selalu punya jalan sendiri dan menemukan pembacanya. Menyambungkan saya dengan kenangan yang mungkin hilang jika hanya saya simpan dalam ingatan. Saya membingkainya dalam cerita di blog ini, tak selalu menyenangkan saya menuliskan juga tentang kehilangan juga tentang menemukan.

Desain dan Editing Foto

desain untuk blogger yang dibutuhkan untuk mendukung blognya
Desain dan editing, salah satu hobi yang ternyata bisa menghasilkan hingga kini

Saya ingat pertama nyemplung dengan dunia desain dan editing foto adalah sekitar tahun 2011 an, saya mentah sekali kala itu dan tak punya taste desain sama sekali. Berawal dari bisnis foto wedding yang saya dan Papi bangun, belum ada karyawan kala itu jadi segalanya dikerjakan sendiri, mulai dari edit foto hingga desain album. Tak disangka, saya menyukainya.

Edit foto menghasilkan uang? Jelas dong. Lalu bagaimana dengan desain? Yap desain juga, mulai dari editing album hingga desain konten sosial media yang kini jadi salah satu profesi saya. Tak disangka, menghasilkan uang dengan cara yang tak terduga, hobi kedua yang saya cintai. Yang menghasilkan uang, meningkatkan skill dan menajamkan kreativitas.

Alhamdulilahnya kini dunia desain dan editing foto sudah kian berkembang. Desain dengan mudah bisa dilakukan bahkan di smartphone, aplikasi andalan saya adalah Canva, sedangkan untuk editing foto saya kerap menggunakan Lightroom atau Picsart. Desain kini kian mudah dan menyenangkan.

Fotografi

seorang blogger dan fotografer asal bandung, yasinta astuti yang merupakan blogger yang aktif menjadi narasumber pelatihan foto
Memotret, salah satu yang menjadi money di masa kini dan setidaknya sudah saya jalani lebih dari 10 tahun

Bukan rahasia lagi jika hobi fotografi bisa jadi pundi-pundi uang, memiliki skill fotografi di masa kini jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Trend sosial media kian meningkatkan level fotografi juga, maka tak heran hobi fotografi ini banyak disukai karena bisa menghasilkan uang, mengasah skill dan mengasah kreativitas.

Happy? Oh tentu saja, apalagi para fotografer yang passionate di bidangnya. Bayangkan saja, hobi traveling kemudian jadi landscaper, hobi motret model kemudian jadi fotografer di production house. Vibes berkumpul dengan pehobi fotografi juga secara tidak langsung menajamkan skill dan kreativitas.

Dari fotografi ini saya dan Papi bahkan berkembang menjadi mentor dan narasumber di berbagai workshop fotografi, menyenangkan sekali !

Money, Shape and Creativity

Bersyukur sekali, saya menemukan ketiga hobi tersebut yang ketiganya saya cintai dan bisa memenuhi yang saya butuhkan : Money, shape and creativity.

I’ve found it, now your turn

Disclaimer : Hobi itu tak selalu harus jadi uang kok, dan bagi yang tidak menjadikan hobi sebagai pekerjaan, maka bersyukurlah. Karena di dalamnya, kita bisa benar-benar bersenang-senang sepenuhnya. 

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

 

 

 

 

 

One thought on “Menemukan 3 Hobi yang Saya Cintai

  1. Always keren teteh satu ini. Dan saya donk masih on off mencari hobi yang bener2 dicintai. Pernah ga sih teh ngerasa jenuh sama hobi yang dijalani skaligus jd pekerjaan gini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *